Wajib Tahu, 3 Tips Jitu Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut merupakan masalah yang kerap kali dialami oleh semua orang ketika sedang menjalani ibadah puasa. Hal ini bisa terjadi karena kondisi mulut kering dan menyebabkan kuman penyebab bau mulut mudah berkembang biak. Nah, agar puasa Anda bebas bau mulut dan tidak mengganggu rekan kerja di sekitar, simak beberapa cara mengatasi masalah bau mulut saat puasa berikut ini.

Minum banyak air putih

(Foto: Healthline)

Salah satu penyebab bau mulut saat puasa adalah berkurangnya volume air liur dalam mulut sehingga mulut terasa kering. Tak hanya itu, rongga di sekitar mulut pun kering karena tidak ada makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut.

Jadi, pastikan Anda minum banyak air putih ketika sebelum tidur, sahur dan berbuka puasa. Minum cukup air putih sebanyak 1,5 liter atau 8 gelas per hari akan menjaga kondisi mulut tetap lembap sehingga kuman penyebab bau mulut tidak mudah berkembang biak. Selain itu, minum air putih juga dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang dimakan saat sahur dan berbuka puasa.

Konsumsi buah-buahan dan sayur

(Foto: Pexels)

Saat sahur dan berbuka puasa, pastikan Anda selalu mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran untuk membantu mencegah bau mulut yang mengganggu. Karena semua jenis buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan produksi volume air liur, sehingga mampu mencegah kuman penyebab bau mulut berkembang biak di sekitar rongga mulut Anda. Tak hanya itu, rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayur juga dapat membersihkan area mulut.

Hindari juga makanan yang berbau menyengat dan memiliki kadar gula tinggi saat sahur dan berbuka puasa. Karena hal ini akan semakin membuat kuman penyebab bau mulut berkembang biak dengan cepat.

Jaga kebersihan mulut dan gigi

(Foto: Reader’s Digest)

Tentu saja tips yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Karena penyebab utama bau mulut saat puasa adalah kurang menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda lupa untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, sehabis makan dan sebelum tidur, serta menggunakan alat pembersih gigi seperti dental floss agar tidak ada sisa-sisa makanan yang menempel.

Pastikan juga Anda selalu rutin membersihkan lidah untuk mencegah  kuman berkembang biak dengan cepat. Jaga juga kesegaran nafas serta sekitar rongga mulut dengan rutin berkumur menggunakan mouthwash sehabis menyikat gigi untuk membunuh kuman penyebab bau mulut.

So Ladies, coba lakukan tiga tips jitu di atas agar terbebas dari bau mulut dan tampil lebih percaya diri!

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *