Social Distancing, Ini Ide Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Sejak himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing guna memutus rantai penularan virus Corona, tentu imbasnya adalah sekolah diliburkan untuk sementara. Namun, bukan berarti bisa mengajak anak jalan-jalan ya, Ladies!

Sebagai orangtua tentu perlu memutar otak untuk melakukan aktivitas apa saja di rumah agar anak-anak tidak bosan. Selain membantu anak-anak mengerjakan beberapa tugas sekolah secara online, ada juga ide aktivitas seru lainnya yang bisa dicoba di rumah. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Lakukan aktivitas fisik

Foto: www.verywellfamily.com

Anak-anak perlu melakukan aktivitas fisik untuk tetap sehat di tengah merebaknya wabah virus Corona di Indonesia sejak awal bulan Maret lalu. Berbagai aktivitas fisik yang bisa kamu coba lakukan dengan anak-anak adalah mengajak mereka berolahraga sambil bermain. Olahraga yang bisa dilakukan misalnya basket, senam, lempar bola hingga bermain hula hoop. Biarkan mereka bergerak dan berkeringat! Karena perlu diingat, memperbanyak aktivitas fisik saat berada di rumah sangat bermanfaat untuk kesehatan jantungmu dan anak-anak.

2. Ajak anak memasak bersama

www.chefchicaz.com

Bagi kamu yang memiliki anak perempuan, pasti senang jika diajak memasak bersama. Tidak perlu memasak makanan yang ribet, cukup makanan yang disukai anak-anak. Seperti misalnya mencoba bikin cupcake, es krim popsicle, cokelat atau spagheti dengan topping bola-bola daging. Jangan takut bereksperimen dengan mencoba resep-resep baru. Semakin kreatif resep makanan yang dipilih, anak-anak juga semakin tertarik  untuk mencobanya.

3. Coba bikin DIY project

Foto: www.pexels.com

Aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan bersama anak saat social distancing adalah membuat beragam DIY project. Tentunya DIY project yang bermanfaat dan terbuat dari bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Misalnya ajak anak membuat storage box  untuk menyimpan mainan dari kardus bekas atau membuat celengan dari kaleng atau botol kemasan air minum bekas. Apa pun DIY project yang kamu bikin bersama anak, yang penting bisa mengasah kemampuannya untuk lebih kreatif.

4. Libatkan anak ikut berkebun

Foto: pbs.org

Jika kamu dan pasangan adalah tipe orangtua yang suka berkebun, maka tak ada salahnya ikut melibatkan anak saat melakukan aktivitas tersebut. Aktivitas ini selain bisa meningkatkan bonding antara anak dan orangtua, juga bisa mengajarkan anak belajar bertanggung jawab merawat tanaman yang ada di rumah. Kamu bisa mengajak anak menanam tanaman hias yang disukainya atau menyiram bunga. Jangan takut kotor! Tetap jaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun sehabis berkebun.

5. Main games interaktif

Foto; www.unsplash.com

Batasi penggunaan gadget di rumah dengan mengajak anak-anak bermain games yang seru saat menghabiskan waktu dua minggu di rumah. Banyak permainan yang bisa dilakukan, seperti bermain ular tangga, monopoli, UNO games dan permainan board lainnya. Namun selain itu, untuk mengurangi rasa bosan, kamu juga  bisa mencoba permainan interaktif seperti main tebak-tebakan, mendeskripsikan sebuah benda atau games berhitung.

Jadi, apa pun aktivitas yang kamu pilih, tetap jaga kesehatan dengan rajin cuci tangan, makan makanan bergizi dan kurangi interaksi sosial di luar rumah. Stay safe ya, Ladies!

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *