7 Tips Pintar Merawat Tas Kulit

Photo: BANANANINA

Halau rasa bosan dengan kegiatan seru dan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya dengan melakukan pererawat tas kulit jika Anda mempunyai beberapa koleksi tas. Sudah bukan rahasia lagi bukan, tas kulit selama ini dibanderol dengan harga yang tak murah? Maka dari itu, perawatannya tidak boleh dilakukan sembarangan.

Bagi penggemar tas kulit,  merawat tas kulit bisa dibilang sedikit membutuhkan effort namun tentu hasilnya akan sangat memuaskan. Untuk Ladies yang masih belum memahami cara tepat merawat tas kulit, yuk simak dulu tujuh tips pintar di bawah ini supaya tas Anda tetap terawat.

1. Jangan terkena sinar matahari langsung dan hindari tempat lembap

Hal pertama yang harus diingat yaitu tas kulit tidak memiliki hubungan yang baik dengan sinar matahari. Bila tas kulit terkena paparan sinar matahari terlau lama, maka akan menjadikan warna tas cepat pudar bahkan bisa mengelupas. Jadi, lihat kembali tempat penyimpanan tas kulit Anda. Jangan sampai tas kulit kesayanngan Ladies disimpan di tempat yang terpapar sinar matahari.

Selain itu, Ladies juga harus menghindari tempat penyimpanan yang lembap. Pasalnya, tempat yang lembap kana memudahkan tas kulit menjadi rusak karena serangan jamur. Tidak mau kan, tas Ladies rusak karena jamur? Maka dari itu, pastikan tempat penyimpanan tas kulit dalam kondisi bersih dan tidak lembap, ya.

2. Jangan menyimpan tas kulit dengan cara ditumpuk

Cara terbaik menyimpan tas kulit adalah dengan meletakkannya dalam posisi berdiri di dalam lemari khusus. Hal ini karena tesktur dan bentuk tas kulit mudah berubah bentuk bahkan menjadi rusak jika disimpan dengan cara ditumpuk barang lain atau tas yang berat. Yuk, tata ulang kembali posisi tas Anda agar bentuknya awet dan tidak berubah, Ladies!

Baca juga: 5 Tips Mudah Beres-Beres Lemari Pakaian Selama Di Rumah Aja

3. Simpan tas kulit di dalam dust bag

Ketika membeli tas baru biasanya Anda akan mendapatkan dust bag, sebuah kantong pembungkus tas yang berfungsi untuk melindungi dari debu dan kotoran lain saat disimpan. Biasanya dust bag disertakan pada tas yang terbuat dari bahan kulit. Jadi, jangan buang dust bag tersebut karena Anda memerlukannya untuk membungkus tas kulit kesayangan.

4. Sesekali keluarkan tas kulit dari dalam lemari

Sesekali Anda perlu mengeluarkan tas kulit dari dalam lemari agar mendapatkan udara sehingga tas tidak lembap dan berjamur. Tas kulit yang terlalu lama disimpan juga mudah mengelupas, lho. Selagi mengeluarkan koleksi tas kulit dari dalam lemari, akan lebih baik lagi jika Ladies sekalian membersihkannya, bukan?

Baca juga: Ladies, Ini Tips Berbelanja Tas Branded Secara Online yang Wajib Diketahui

5. Bersihkan tas kulit dengan kain microfiber dan lotion khusus

Tas berbahan kulit tidak cocok jika dibersihkan dengan deterjen maupun saddle soap (semir). Residu sabunatau deterjen dapat menyumbat pori-pori tas kulit sehingga tekstur tas menjadi kering dan tampak pecah-pecah sehingga mudah terkelupas. Sedangkan penggunaan saddle soap hanya akan membuat warna tas Anda menjadi pudar.

Agar tas kulit tetap awet dan tampilan warnanya tak pudar, Anda bisa membersihkan dengan lotion khusus tas kulit. Tuang lotion di atas permukaan tas kulit, lalu gunakanlah kain microfiber yang memiliki tekstur lembut untuk mengelap tas sehingga tidak akan merusak tekstur tas kulit kesayangan Anda.

6. Isi tas kulit dengan bubble wrap untuk menjaga bentuknya

Tas kulit yang jarang dipakai tentu akan mudah berubah bentuknya, apalagi tas kulit yang berukuran besar. Karena itu, Anda perlu mengisi tas dengan bubble wrap  untuk menjaga bentuk tas tetap baik seperti sedia kala. Selain bubble wrap, gumpalan kertas bekas yang bersih juga bisa menjadi alternatif untuk diisikan ke dalam tas kulit. Mudah, bukan?

Baca juga: 7 Tas Desainer yang Paling Populer Sepanjang Masa

7. Consign With BANANANINA

Photo: BANANANINA

Nah, tips pintar terakhir ini ditujukan khusus bagi Anda yang mempunyai banyak koleksi tas namun sangat jarang menggunakannya sehingga hanya dijadikan sebagai pajangan di dalam lemari. Daripada tas Anda hanya tersimpan begitu saja, bukankah lebih baik jika dijual kembali?

Tak perlu bingung bagaimana cara menjual tas kulit yang sudah lama tidak digunakan karena BANANANINA mempunyai program Consign With Us. Ladies bisa dengan mudahnya menitip-jualkan tas kulit tanpa perlu memikirkan foto produk dan cara memasarkannya. Yuk, klik di sini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Consign With Us!

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *