Bingung Membedakan Business Casual atau Smart Casual? Temukan Jawabannya Disini!

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan casual dress code pada karyawannya. Beberapa diantaranya seperti business casual atau smart casual. Namun sayangnya, saat ini masih banyak diantara para karyawan yang belum begitu paham mengenai perbedaan antara business casual atau smart casual. Meskipun, kedua jenis dress code ini memang sering diterapkan di lingkungan kerja.

business casual atau smart casual

Kebanyakan perusahaan-perusahaan saat ini lebih cenderung menerapkan dress code smart casual. Pasalnya, jenis dress code ini memiliki interpretasi yang berbeda-beda pada setiap lapangan kerja yang kamu masuki. Banyak juga yang beranggapan, smart casual cenderung lebih formal dibanding dengan business casual. Selain itu, smart casual juga tergolong lebih santai untuk terlibat langsung pada rapat besar.

Untuk dress code smart casual, bisanya identik dengan penggunaan busana yang baik dan rapi. Di dalamnya terdapat penggabungan elemen saat menggunakan busana agar tampil lebih rapi. Bagi kamu yang ingin menerapkan jenis buasana ini, pilihkan beberapa elemen cerah pada outfit yang ingin digunakan.

business casual atau smart casual

1. Brightly colored shirts

Busana berwarna cerah atau terang mampu membuat gaya smart casual-mu semakin lengkap. Tentu dengan cara ini kamu bisa membuat penampilan menjadi lebih segar.

2. Jaket dan rok yang fashionable

Kamu bisa mengkombinasikan antara fashionable jacket and skirt untuk penampilan yang lebih menarik.

3. Blouse bermotif

Agar penampilanmu semakin cantik,  coba padukan blouse bermotif. Cara ini bisa membuat penampilanmu semakin fresh.

4. Aksesori atau perhiasan yang unik dan berukuran besar

Aksesori seperti kalung, gelang, anting juga bisa dijadikan sebagai pelengkap untuk menambah kesan cantik pada penampilan, lho.

5. Closed toe pumps

Jangan lupa selalu gunakan sepatu yang tertutup agar tetap terlihat sopan, baik flat shoes atau wedges.

Sedangkan, untuk dress code business casual, tentu ada gaya tersendiri yang dapat dengan mudah diterapkan. Business casual ini biasanya identik dengan gaya kasual yang tidak melanggar etika berbisnis. Biasanya, business casual cenderung terlihat profesional sehingga dapat meningkatkan presepsi orang lain terhadap kualitas seseorang dari caranya berbusana. Business casual ini biasanya ditandai dengan baju santai yang tertutup dan rapi.

business casual atau smart casual

1. Atasan berlengan pendek yang dipadu dengan outer

Pada gaya busana ini, kamu bisa memadukan atasan berlengan pendek dengan beragam jenis outer. Salah satu jenis outer yang bisa digunakan bebrapa diantaranya seperti vest atau blazer untuk memberikan aksen  yang menarik.

2. Kombinasi yang lebih menarik antara atasan hingga bawahan

Beberapa jenis outfit mulai dari atasan, outer, hingga skirt bisa membuat penampilanmu semakin menarik. Kuncinya pilihlah motif dan warna yang tidak saling bertabrakan sehingga dapat tampil lebih serasi.

3. Gunakan open toe shoes

Open toe shoes juga bisa membuat penampilanmu semakin menarik. Kamu bisa menggunakan flat shoes, wedges atau heels.

Dari pemaparan di atas, mana yang paling mendekati dress code di kantor tempatmu bekerja, ladies? Business casual atau smart casual? Untuk dress code, baik business casual atau smart casual sebetulnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Kembali lagi ke tempat kamu bekerja, lebih memilih dress code yang seperti apa. Coba mulailah untuk memadupadankannya agar semakin menarik. Jika sudah tahu, yuk buat penampilanmu menjadi lebih menarik lagi!

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *