Ternyata 5 Bahan Dapur Ini Resep Untuk Membuat Masker Rambut Terbaik!

Rambut sudah dikenal sebagai mahkota wanita sejak Mesir Kuno. Saat mendengar Mesir, sudah pasti akan teringat dengan Cleopatra, kan? Nah, ternyata semasa hidupnya dulu, dia pernah menulis sebuah buku rahasia mengenai resep kecantikan yang pernah dicoba semasa hidupnya, salah satunya adalah cara merawat rambut. Resep yang dibuat Cleopatra merupakan cara natural untuk mengembalikan kekuatan rambut sehingga bisa menjadi cantik dan lembut. Sudah siap untuk tahu apa saja rahasianya?

1.    Gunakan Masker Rambut Madu Untuk Rambut Rusak

Punya rambut rusak karena sering terpapar sinar matahari dan polusi memang menyebalkan. Tapi ada cara ampuh untuk bisa memperbaikinya seperti semula. Campur 3 sendok makan madu dengan 1 sendok makan minyak kastor. Jika tidak punya minyak esensial kastor, bisa diganti dengan minyak zaitun. Ratakan ke seluruh rambut yang baru dibasahi, biarkan selama 5-15 menit. Setelah itu dibilas. Perawatan masker alami ini dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan berkilau.

masker rambut yang bagus

2. Kuatkan Hingga ke Akar dengan Masker Rambut Telur

Protein dikenal sebagai bahan yang terbaik untuk memperkuat akar rambut dan menyuburkan rambut. Untuk membuatnya cukup mudah. Siapkan 1 telur (2 telur jika punya rambut panjang dan tebal), 1 cangkir susu (untuk rambut sebahu bisa menggunakan setengah cangkir), 1 perasan lemon, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Pisahkan putih telur dan kuning telur. Jika kamu memiliki rambut berminyak, gunakan putir telur.  Jika rambutmu normal, kamu bisa pakai 1 telur utuh. Setelah itu campurkan dengan susu, minyak zaitun, dan air lemon, aduk rata. Pijat ke seluruh area kepala mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan selama 15 menit dengan memakai shower cap supaya campuran masker tidak berjatuhan ke mana-mana. Setelah itu bilas dengan air hangat dan sampo sampai bersih.

masker rambut yang bagus

3. Masker Rambut Pisang Untuk si Rambut Kering

Lho, memangnya bisa, ya pakai pisang? Ternyata masker ini bagus untuk memperkuat rambut, Ladies! Pisang dikenal sebagai buah yang dapat dengan mudah ditemukan karena selalu tersedia sepanjang tahun. Selain itu, buah kuning ini mengandung potasium, vitamin, anti-oksidan, dan minyak alami. Masker rambut pisang bagus untuk menjaga keseimbangan pH kulit kepala berminyak dan rambut kering.

Pertama, lumatkan pisang sampai halus, buang semua bijinya. Tambahkan madu, minyak kelapa, dan minyak zaitun sebagai tambahan. Aduk hingga merata. Usapkan campuran smoothie pisang pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama 5 menit. Bilas sampai benar-benar bersih dengan air hangat. Setelah itu sisir rambut yang masih setengah basah untuk menyingkirkan sisa masker dari rambut.

masker rambut yang bagus

4. Yo Yogurt!  Ini Dia Masker Rambut Yogurt

Yogurt dikenal sejak lama sebagai produk alami yang bisa digunakan untuk mengontrol rambut berminyak. Memiliki anti-oksidan, vitamin, kalsium, dan protein, yogurt bisa dipadukan dengan bahan dapur lain untuk menciptakan masker rambut alami. Tapi wajib diingat, ya, ladies, beli plain yogurt yang mengandung probiotik natural. Sebaiknya beli yogurt dalam bentuk kental, karena pemakaian masker dengan yogurt cair akan membuat tetesannya mengotori lantai.

Untuk membuatnya, campurkan setengah cangkir yogurt, 1 sendok teh sari cuka apel, dan 1 sendok teh madu. Alternatif lain bisa mengganti sari cuka apel dengan lidah buaya. Ratakan ke seluruh kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Untuk menghilangkan bau yogurt dari rambut, jangan lupa keramas lagi menggunakan shampo.

masker rambut yang bagus

5. Masker Rambut Alpukat Cocok untuk si Rambut Kusam

Alpukat memiliki kandungan asam lemak yang membantu untuk membuat rambut tetap berkilau. Maka, masker yang terbuat dari alpukat bisa mengembalikan rambut kusam menjadi lebih sehat. Dalam memilih bahan, pastikan alpukat tersebut sudah matang agar mudah dihancurkan hingga menjadi bubur halus.

Untuk membuatnya campurkan alpukat, seperempat cangkir susu, dan 1 sendok teh  minyak almond. Aplikasikan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup dengan shower cap, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan sampo hingga tidak ada sisa masker menempel di rambut.

masker rambut yang bagus

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *