Healthy Resolution: Hidup Sehat Dengan Clean Eating

Di awal tahun 2017 ini apa resolusimu, Ladies? Hidup lebih sehat pasti menjadi salah satu jawaban kamu. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menjaga pola makan dengan melakukan clean eating. Yuk, cari tahu lebih dalam tentang clean eating!

Selama ini, kebanyakan orang menyamakan clean eating sebagai salah satu metode diet, padahal clean eating bukan hanya sekedar metode diet melainkan sebuah gaya hidup sehat yang salah satu hasilnya adalah menurunkan berat badan.

clean eating

Menurut Dr Samuel Oentoro M.S., SpGK, clean eating adalah metode makan yang didasarkan pada pemikiran bahwa pola makan yang ideal adalah mengonsumsi whole foods, makanan yang paling alami dan tidak banyak diproses. It means kamu harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran, gandum utuh, protein yang tidak berlemak dan menghindari makanan dalam kemasan serta hidangan cepat saji.

Nah jika kamu tertarik untuk mencoba memulai hidup sehat melalui clean eating, ini dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  • 0 – 2 minggu pertama

Banyak orang berkata kalau 2 minggu pertama adalah masa paling berat dalam proses mengubah gaya hidup kamu. Namun camkan, tidak akan ada kata sulit kalau kamu mempunyai motivasi yang kuat, misalnya menyembuhkan penyakit atau menurunkan berat badan yang sudah berlebih/obesitas.

Pada 2 minggu pertama, ubah pola makan kamu secara bertahap agar tubuh tidak kaget. Simple things yang bisa kamu lakukan adalah dengan berhenti mengonsumsi makanan yang digoreng dan ganti snack kamu dengan buah-buahan.

  • 2 – 5 minggu selanjutnya

Jika dalam dua minggu kamu sudah berhasil melewati proses tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah atau bahan makanan yang terbuat dari gandum.

Di fase ini, kamu boleh makan 5-6 kali dalam sehari dengan porsi kecil untuk menjaga kestabilan angka gula dalam darah

  • Minggu ke 6 dan seterusnya

Setelah tubuh kamu terbiasa dengan pola clean eating, make sure kamu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh dengan mengonsumsi ayam, ikan, telur dan daging tanpa lemak.

Mudah kan Ladies? Berikut ini catatan penting hal yang harus dilakukan secara konsisten dari hari pertama kamu memulai pola hidup sehat melalui clean eating.

  1. Hindari makanan berlemak jahat
  2. Hindari junk food dan makanan yang digoreng karena mengandung kalori yang tinggi
  3. Hindari semua makanan manis
  4. Konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari
  5. Perbanyak konsumsi makanan yang dikukus, panggang dan rebus

Setelah kamu terbiasa dengan clean eating, tubuh kamu akan membentuk warning system terhadap zat-zat yang berbahaya, misalnya lewat rasa pusing, mual dan nyeri. Hal ini terjadi karena tubuh sudah terbiasa diberi makanan sehat Ladies! So, are you ready to live healthier in 2017?

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *