Beauty Resolution: Kulit Mulus Bebas Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang cukup menyebalkan. Jerawat, baik yang besar maupun yang kecil, kerap mengganggu kenyamanan kondisi kulit wajah yang menyebabkan permukaan kulit tidak lagi mulus. Akibatnya, rasa percaya diri pun berkurang dan malu untuk keluar rumah. Apalagi jika jerawat yang sudah menempel sulit untuk dihilangkan. Dan masih ada banyak alasan lagi kenapa kita sebagai wanita benci sekali dengan jerawat.

Supaya tahun ini kamu bisa bebas keluar rumah dengan kulit mulus bebas jerawat, ada baiknya kamu mulai memperhatikan cara-cara pencegahan  maupun mengobati jerawat datang berulang kali. Simak tipsnya berikut ini!

Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Wajah

kulit mulus bebas bekas jerawat

Ketika masih kecil, tentu kamu ingat ya Ladies, kalau ibu sering mengingatkan untuk selalu rajin membersihkan tangan setiap waktu. Cuci tangan memang sangat bermanfaat untuk membuat tangan kita selalu bersih dan kebersihan pribadi pun tetap terjaga sehingga terhindar dari beragam jenis penyakit.

Manfaat lain dari rajin cuci tangan bisa menghindarkan kita dari ragam penyakit menular. Salah satunya adalah dengan selalu belajar untuk menghindari menyentuh wajah saat tangan dalam kondisi kurang bersih. Ladies, harap diingat bahwa tangan kita tidak selalu dalam keadaan bersih. Bisa jadi karena kamu bersentuhan dengan benda-benda berdebu dan berkuman sepanjang hari.

Ketika kamu menyentuh wajah secara tidak sadar, kuman dan bakteri yang menempel di tangan ikut mengotori muka. Ada beberapa alasan, tangan yang membawa banyak kotoran bisa menempel pada pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan bercak merah pada kulit. Inilah salah satu penyebab jerawat bisa muncul.

Cuci Muka 2 Kali Sehari

Indonesia memiliki cuaca tropis dengan suhu dan kelembaban yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan suhu tubuh meningkat dan mengeluarkan minyak dan berkeringat. Keringat berlebih pada wajah dan menempelnya debu serta sisa-sisa makeup bisa menyebabkan kulit berjerawat.

Sesungguhnya, inilah awal mula kenapa jerawat sering muncul! Jika kamu suka pakai make up, wajah harus dibersihkan kembali setelah pulang ke rumah. Hal ini karena bahan dasar seperti foundation atau BB cream bisa menyumbat pori-pori.

Pori-pori yang tertutup tidak bisa bernapas dengan baik, sehingga bisa memunculkan jerawat. Untuk mencegah jerawat, ada baiknya jika kamu membiasakan mencuci muka dua kali sehari, yaitu pada saat pagi dan malam.

Double Cleansing 

Double cleansing adalah cara untuk membersihkan make up dengan dua tahapan. Pertama adalah menggunakan cleansing oil atau makeup remover dan sabun cuci muka. Menurut dr Susan Mayou, dermatologist dari London’s Cadogan Cosmetics Clinic, banyak make up yang kini diformulasikan agar menempel tahan lama. Ini sebabnya double cleansing sangat diperlukan untuk membersihkan seluruh wajah.

Konsep dari double cleansing itu sendiri adalah mengangkat makeup, kotoran hingga minyak yang berlebihan pada wajah. Selain itu, sangat bermanfaat untuk membersihkan kembali kulit wajah dari makeup dan kotoran. Wajah pun bisa kembali segar tanpa polesan makeup.

Tahapan yang tepat untuk membersihkan wajah dapat dilakukan dengan membersihkan full makeup yang menempel. Gunakan Lip and Eye Makeup Remover. Setelah itu gunakan cleanser untuk membersihkan wajah. Tahap kedua saatnya kamu membersihkan kembali wajah yang sudah terbebas dari makeup dengan double cleansing. Lakukan cara ini setiap malam menjelang tidur dan seusai beraktivitas.

Gunakan Produk Kosmetik yang Tepat

kulit mulus bebas bekas jerawat

Kosmetik adalah hal yang wajib bagi seorang wanita. Pasalnya, kosmetik kerap menjadi kebutuhan utama bagi seorang wanita untuk tampil cantik setiap saat. Selain itu, bisa membuat penampilan menjadi lebih cerah dan segar. Namun, dalam menggunakan kosmetik kamu perlu memperhatikan jenis yang ingin kamu gunakan.

Kenali dulu kebutuhan jenis kulitmu sebelum membeli produk. Tidak semua kosmetik cocok untuk jenis kulitmu. Bukan hanya itu saja, kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri bisa berdampak buruk dan mengerikan untuk kulit wajah. Selain itu, jangan lupa periksa apakah kosmetik tersebut resmi atau tidak.

Salah satu hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah pemilihan produk kosmetik yang kurang cocok untuk kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya menggunakan kosmetik ringan seperti pelembab dengan water-based, sebisa mungkin mengurangi penggunaan foundation atau pada kondisi kulit tertentu jangan pakai blush on dulu. Kenali juga jika kamu alergi dengan jenis bahan tertentu, karena hal ini dapat memicu timbulnya jerawat kecil kemerahan.

Perawatan Khusus Kulit Berjerawat

kulit mulus bebas bekas jerawat

Chemical peeling merupakan salah satu treatment yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Metode pengelupasan pada chemical peeling dapat memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit. Untuk melakukannya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit dan  aesthetician.

Namun jika kamu ingin mencoba di rumah, kamu bisa membeli produk yang mengandung AHA dan BHA yang gentle atau ramah di kulit. AHA (alpha hydroxy acids) merupakan senyawa asam. Ada beragam jenis, namun asam glikolat dinilai merupakan jenis AHA paling unggul karena mampu meluruhkan lapisan kulit dengan sangat baik. Eksfoliasi ini dapat mengelupas sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit wajah akibat jerawat, membantu kulitmu menjadi mulus kembali.

Sedangkan BHA (beta hydroxy acids) merupakan senyawa asam yang memiliki peran sama dengan AHA. Bedanya, AHA lebih cocok untuk pengelupasan di permukaan luar yang tidak sampai ke pori-pori dan tipe kulit kering. Sementara BHA cocok digunakan untuk kulit cenderung berminyak dan eksfoliasi yang sampai ke dalam pori-pori. BHA memiliki kandungan kimia bernama salicylic acid. Kandungan ini dapat mengatasi kulit berjerawat.

Cara lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat adalah menggunakan acne cream yang mengandung Salicylid Acid, maupun acne cream yang mengandung Benzoyl Peroxide. Jika krim jerawat yang beredar di pasaran tidak bisa memngatasi masalah jerawatmu, sebaiknya kamu berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit & Kelamin (SPKk) supaya bisa dilakukan beberapa tes terkait kondisi kulit kamu dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *