Memahami Krim Wajah: Perbedaan BB Cream, CC Cream, dan DD Cream

Memilih produk yang tepat memang sangat krusial dalam usaha untuk tampil cantik dan maksimal. Saat kamu melangkah ke dalam department store atau toko yang menjual make-up, kemungkinan kamu akan kebingungan melihat begitu banyak produk krim wajah yang ditawarkan. Krim wajah mana yang cocok untuk kebutuhanmu? Bagaimana cara memilih produk yang tepat?

Krim wajah seperti BB cream, CC cream, dan DD cream memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Tak sedikit perempuan yang merasa dibombardir dengan produk-produk kecantikan tersebut dan malah bingung atau malas mencoba. Tapi sebenarnya kamu tidak perlu pusing apalagi asal coba. Simak kelebihan dan perbedaan antara BB cream, CC cream, dan DD cream berikut ini!

BB Cream

Produk kecantikan yang satu ini berasal dari Asia dan telah mendunia dalam beberapa tahun belakangan. BB cream sering disebut sebagai perpaduan antara makeup dan perawatan kulit, sehingga membuatnya serbaguna dan diminati. Sebagai sebuah produk makeup, BB cream bisa berfungsi sebagai alas bedak atau pengganti foundation. Teksturnya memang tak seberat foundation tapi memberikan coverage yang lebih ketimbang moisturizer biasa.

Sebagai produk perawatan kulit, BB cream mengandung SPF untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Sejumlah merk juga menambahkan benefit anti-oksidan, anti-aging, mencerahkan kulit, dan lainnya tergantung produk yang kamu pilih. Kesimpulannya, BB cream bisa digunakan sebagai primer, moisturizer, dan foundation. Jangan lupa untuk tetap perhatikan kelebihan dan keterbatasan setiap produk yang ditawarkan sebelum memilih.

Cocok untuk: Kamu yang berkulit normal hingga kering. Efek hydrating dan dewy finish dari BB cream tidak terlalu ideal untuk kulit yang rentan jerawat atau berminyak.

CC Cream

CC adalah singkatan dari “color correcting”, yang menggambarkan fungsi utama dari krim wajah berikut ini. Krim ini dibuat untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti kulit cenderung kemerahan atau pucat. Karena itu, CC cream akan terlihat lebih cerah di kulit ketimbang BB cream. Teskturnya pun lebih ringan dengan coverage yang lebih tipis.

Banyak yang menganggap bahwa BB cream dan CC cream sebenarnya tidak terlalu berbeda, terutama saat diaplikasikan ke kulit wajah. Malah, perbedaannya lebih banyak terletak antar merk atau produk berbeda baik untuk BB cream maupun CC cream. Jadi, selain perbedaan fungsi yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa memahami perbedaan antar merk dengan membaca ulasan produk atau mencobanya sendiri.

Cocok untuk: Kamu dengan kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat. Karena fokusnya untuk mencerahkan rona kulit wajah, kebanyakan formula CC cream bebas minyak atau oil-free. Karena itu, CC cream lebih cocok untuk kamu yang berkulit cenderung berminyak dibandingkan kamu yang berkulit kering.

DD Cream

Sebagai kelanjutan dari BB cream dan CC cream, berbagai merk kecantikan mulai mengeluarkan DD cream untuk melengkapi koleksi “alphabet cream” mereka. Karena fungsi serta kelebihannya yang tidak terlalu berbeda dengan krim wajah pendahulunya, banyak yang skeptis terhadap produk DD cream ini. Pada dasarnya, DD cream adalah semacam gabungan antara BB cream dan CC cream.

DD merupakan singkatan dari “Daily Defense” atau “Dynamic-Do All”. Seperti BB cream dan CC cream, DD cream juga dapat digunakan sebagai alas bedak karena memberi coverage yang cukup untuk menggantikan foundation. Produk ini juga kerap dilangkapi dengan benefit lainnya seperti mencerahkan dan anti-aging. Satu hal yang membedakan DD cream, yaitu aspek “defense” atau pertahanannya yang ditonjolkan, sehingga sebagian besar produk ini akan mengandung tabir surya yang memadai untuk aktivitas sehari-hari tanpa tambahan krim wajah lainnya.

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *