Hindari Stress dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Kita semua tentu ingin menghindari stress, bukan? Selain mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari, stress juga memiliki pengaruh negatif terhadap penampilan dan kesehatan. Ada banyak cara untuk mencegah stress, dan salah satu yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Berikut adalah makanan pencegah stress yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

Alpukat

makanan pencegah stress

Kecemasan bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B. Karena itu, mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin B bisa mengurangi risiko stress. Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin B dan juga nutrisi-nutrisi lainnya yang bisa meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan. Selain itu, alpukat juga mengenyangkan sehingga bisa membantu menghindari makan terlalu banyak.

Kacang Almond

makanan pencegah stress

Seperti halnya buah alpukat, kacang almond juga kaya akan vitamin B untuk mengurangi risiko stress, dan juga vitamin E untuk kesehatan kulit dan meningkatkan sistem imun pada saat stress, sehingga tidak menimbulkan efek samping negatif berlebihan. Selain itu, kacang almond juga lezat untuk dikonsumsi dan bisa dikombinasikan dengan buah atau crackers.

Dark Chocolate

dark chocolate

Selain memiliki rasa yang enak, ternyata cokelat juga memiliki efek positif untuk mood kita. Kandungan caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dalam cokelat mengaktifkan neurotransmitter di otak yang memblokir efek rasa sakit dan depresi secara sementara sehingga coklat bisa berfungsi sebagai anti depresi dan menghilangkan rasa lelah. Pilihlah dark chocolate tanpa tambahan gula berlebih untuk efek yang lebih positif pada tubuh.

Susu Hangat

makanan pencegah stress

Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh dan pikiran agar lebih rileks dan cepat tertidur. Dengan kandungan vitamin B, protein, kalsium, dan antioksidan tinggi, susu hangat juga memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, protein lactium pada susu juga memberi efek menenangkan karena membantu merendahkan tekanan darah.

Sayuran Hijau

makanan-pencegah-stress

Sayuran dengan warna hijau pekat seperti bayam dan caisin memiliki kandungan asam folat yang tinggi, yang dapat membantu tubuh menghasilkan zat pengatur mood di otak, seperti serotonin dan dopamin. Kandungan ini terbukti bisa menurunkan risiko depresi, dan memberi efek menenangkan pikiran. Selain itu, kandungan magnesium pada sayuran tersebut juga membantu mengurangi hormon stress, yakni hormon kortisol.

Biji-Bijian

biji labu

Biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji delima, biji labu, dan lainnya memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium dapat membantu otak meregulasi mood dan emosi dengan mengurangi hormon stress. Sebaliknya, kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan kecemasan dan depresi. Biji-bijian bisa dimakan bersama masakan lain atau secara terpisah sebagai snack.

Teh Herbal

makanan pencegah stress

Teh herbal hangat memiliki efek mengurangi stress dan kecemasan, serta mengobati insomnia. Selain itu, jenis teh tertentu seperti peppermint tea dan chamomile tea dapat membantu merilekskan otot-otot serta emosi marah.

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *