Gorontalo, Surga Eksotis di Utara Sulawesi

Mungkin tidak banyak orang mengenal Gorontalo sebagai sebuah tempat wisata yang menarik dikunjungi di Indonesia. Namun sebenarnya, provinsi yang terletak di Pulau Sulawesi ini menyimpan banyak pesona yang sangat menarik untuk dijelajahi dan dinikmati. Terletak di bagian sebelah utara Pulau Sulawesi, Gorontalo berbatasan langsung dengan laut dan dengan demikian memiliki garis pantai yang cukup luas dengan area kepulauan yang memukau. Selain itu, Gorontalo juga memiliki area pegunungan yang luas dan hijau, menjanjikan pemandangan serta pengalaman bernuansa alam yang seru. Selain itu, area yang masih hijau juga menyediakan habitat bagi berbagai spesies yang khas, seperti anoa, babirusa, dan lainnya.

Wisata ke Gorontalo juga patut dicoba karena atmosfernya yang masih jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan turisme. Masih tergolong sedikit orang yang berminat untuk berwisata ke provinsi ini, sehingga kamu tidak perlu berkutat dengan macet, antrean, atau tangan-tangan tak bertanggung jawab yang merusak keindahan tempat wisata. Berikut tempat-tempat wisata yang perlu kamu ketahui saat wisata ke Gorontalo.

Pulo Cinta

wisata ke gorontalo pulo cinta

Terletak di Teluk Tomini, Gorontalo, pulau ini terkenal karena bentuknya yang unik, yakni menyerupai bentuk hati. Karena itulah pulau tersebut diberi nama Pulo Cinta. Menurut legenda, pada zaman kolonial pulau kecil ini dulu menjadi tempat pertemuan antara dua sejoli yang menjalani cinta terlarang, yaitu pangeran Gorontalo dengan anak seorang pedagang Belanda. Saat ini, Pulo Cinta telah menjadi tempat wisata mewah dengan resort yang juga berbentuk hati, dengan private villa yang terawat.

Pantai Leato

wisata ke gorontalo

Pantai berpasir putih ini sangat cocok untuk liburan santai di bawah matahari. Tak hanya pasirnya, air jernihnya pun menyimpan kehidupan bawah laut yang indah dan menarik. Kamu bisa mencoba snorkeling di sekitar pantai ini untuk melihat berbagai karang penuh warna dan ikan-ikan tropis kecil mempermanis pemandangan bawah air. Jika kamu tertarik untuk diving, tidak jauh dari garis pantai terdapat bangkai kapal yang telah menarik minat para divers baik dari dalam maupun lur negeri.

Danau Limboto

wisata ke gorontalo danau limboto

Selain terkenal karena keindahan naturalnya, danau ini juga merupakan tempat bersejarah, yakni tempat mendaratnya pesawat amphibi Katelina yang membawa Presiden Soekarno. Saat ini, Danau Limboto menjadi atraksi turis karena banyaknya spesies ikan unik yang tinggal di danau tersebut. Bahkan, sebagian besar jenis ikan yang ada di danau tersebut tidak dapat kamu temukan di tempat lain. Menarik, bukan?

Kepulauan Togean


Kepulauan yang terletak di Teluk Tomini ini terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni. Karena masih relatif jarang dikunjungi, pulau dan pantai di kepulauan ini masih sangat bersih dan alami, termasuk air jernih dan pasir halus putih bersih. Keadaan tersebut juga membuat kepulauan ini menjadi tempat tinggal bagi banyak spesies laut yang jarang bisa ditemukan di tempat lain. Tak hanya pantai, kepulauan ini juga memiliki gunung api, hutan hujan tropis, sungai, dan air terjun yang tak kalah memukau.

Makam Suci Ju Panggola

wisata ke gorontalo

Terkenal akan daerah penyebaran Islam di utara Sulawesi, Gorontalo memiliki salah satu tokoh yang dihormati hingga kini. Ju Panggola, adalah pejuang dan wali Gorontalo yang sangat disegani warga setempat sehingga makamnya banyak dikunjungi sampai sekarang. Jika kamu tertarik dengan hal-hal yang berbau sejarah atau relijius, tempat ini merupakan salah satu tempat keramat yang menyimpan banyak cerita untuk dikunjungi. Banyak warga maupun pengunjung menyambangi kompleks makam suci ini untuk berdoa atau bermeditasi.

Taman Laut Olele

taman laut olele gorontalo

Salah satu yang menarik di Gorontalo adalah wisata bawah lautnya. Taman laut ini merupakan surga bagi para divers karena biota alam lautnya yang unik dan kaya. Selain itu, letaknya yang hanya kira-kira 45 menit dari pusat kota menjadikan taman laut ini cukup strategis dan mudah dijangkau. Bagi kamu yang tidak tertarik untuk diving, tenang saja, karena Pantai Olele sendiri memiliki daya tarik yang tak kalah indah dan menyimpan banyak karang serta ikan tropis yang eksotis. Jadi kamu masih bisa menikmati pulau ini dengan bersantai di pantai sambil menunggu matahari terbenam.

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *