Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidur Semakin Nyenyak

Setelah beraktivitas seharian, tentu tubuh akan merasa kelelahan. Saat tubuh mulai terasa lelah, sudah saatnya kamu meluangkan waktu untuk beristirahat. Salah satu cara yang tepat untuk mengembalikan energi tubuh yang telah hilang adalah dengan tidur. Setelah bangun tidur, tentu tubuh akan kembali bersemangat dan aktivitas pun dapat berjalan dengan lancar. Tapi bagaimana dengan kamu yang memiliki masalah tidur di malam hari seperti insomnia?

cara mudah mengatasi insomnia

Insomnia merupakan jenis kelainan yang ditandai dengan sulitnya tidur di malam hari. Apabila kamu mengalami insomnia, kamu juga akan mengalami gangguan fungsional setelah bangun tidur. Selain itu, insomnia juga bisa diakibatkan dengan adanya penyakit yang diakibatkan oleh masalah psikologis, efek samping obat-obatan, gaya hidup ataupun kesehatan fisik.

Ketika insomnia menyerang, tentu kamu akan mengalami kesulitan saat tidur. Waktu tidurmu juga akan terhambat. Kamu juga tidak bisa memenuhi waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya, tubuh pun menjadi kurang fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Biasanya, insomnia akan ditandai dengan beberapa gejala berikut ini:

  1. Kesulitan tidur di malam hari
  2. Terbangun saat sedang tidur, bisa terjadi saat malam hari atau dini hari
  3. Tubuh menjadi terasa lelah
  4. Tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik pada siang hari

Dari masalah insomnia yang timbul, ada baiknya jika kamu segera mengatasi permasalahan tersebut. Simak yuk, beberapa diantaranya berikut ini!

Cari tahu permasalahan yang terjadi

Insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi karena gangguan kesehatan, psikologis, ataupun gaya hidup. Oleh karena itu, cari tahu penyebabnya. Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, ada baiknya untuk memperbaiki kualitas hidup. Memang tidak mudah dan perlu proses untuk menyembuhkan insomnia.

cara mudah mengatasi insomnia

Biasakan tidur dengan kondisi lampu temaram

Tidur dengan lampu temaram sangat bermanfaat untuk membuat tidur lebih cepat lho, ladies. Ketika lampu kamar sudah padam, usahakan untuk hindari penggunaan gadget agar tidurmu menjadi lebih nyenyak.

Makan malam tidak lebih dari jam 8

Jika ingin tidur menjadi lebih nyenyak, sebaiknya atur kondisi pencernaanmu. Usahakan saat tidur, pencernaan dalam kondisi bersih agar tidak mengalami permasalahan saat tidur. Pilihlah jam makan malam kurang dari jam 8 atau setidaknya 2 jam sebelum tidur. Hindari juga makanan berat dan pedas yang bisa mengganggu kondisi pencernaanmu saat tidur di malam hari.

cara mudah mengatasi insomnia

Lakukan perawatan tubuh sebelum tidur

Ada baiknya sebelum tidur melakukan perawatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan beberapa produk kecantikan beraroma segar. Perawatan wajah ataupun beberapa bagian tubuh yang lain bisa memberikan efek rileks. Tidak ada salahnya untuk dicoba agar tubuh semakin terasa lebih nyaman.

cara mudah mengatasi insomnia

Sudah tahu kan cara-caranya, ladies? Tentu sangat mudah dan dapat diterapkan setiap hari. Yuk, segera perbaiki kualitas tidur dengan beberapa hal baik di atas!

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *