Long Weekend? Coba Kunjungi 5 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Instagenic Ini, Yuk!

Ada banyak tempat wisata di Pulau Jawa yang bisa kamu kunjungi. Puluhan destinasi travel menarik bisa kamu temukan di setiap wilayah. Mulai dari area Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur hingga Madura. Namun, tidak semua tempat wisata yang terdapat di Pulau Jawa bisa menjadi lokasi foto yang instagenic, lho!

Untuk kamu yang senang berpetualang dan memiliki passion di bidang fotografi, beberapa tempat wisata di Pulau Jawa ini wajib kamu kunjungi. Berkat keindahannya, kamu akan mendapatkan foto terbaik dengan dilatarbelakangi keindahan dan pesona yang menawan.

Rumah Akar

Jika Kamboja punya Angkor Wat, Indonesia punya Rumah Akar. Hmm, dari namanya sih terdengar unik ya, ladies? Sebenarnya seperti apa sih wujud dari Rumah Akar? Apakah rumah ini merupakan rumah yang memiliki akar? Untuk lebih jelasnya, simak terus pemaparan berikut ini!

tempat wisata di pulau jawa rumah akar - 2

Rumah akar adalah rumah tua yang berada di Jalan Kali Besar Timur, tepatnya berada di belakang Museum Wayang. Rumah ini memiliki pemkamungan yang cukup unik. Pasalnya, terdapat banyak akar yang menghiasi tiap sudutnya. Akar-akar ini tumbuh akibat tidak adanya perawatan pada rumah tersebut. Rumah ini sudah tidak memiliki atap sehingga banyak sekali pohon dan rumput yang tumbuh liar di area dalam dan luarnya.

tempat wisata di pulau jawa rumah akar - 1

Ketika mulai memasuki area ini, kamu akan merasakan keindahan sekaligus sensasi angker yang mencekam. Apabila kamu ingin berfoto, pilihlah waktu yang tepat. Mulai dari pagi hingga sore hari karena masih ada cahaya yang masuk ke dalamnya.

tempat wisata di pulau jawa rumah akar

Gumuk Pasir Parangkusumo

Ingin berwisata ke padang pasir? Kini, kamu tidak perlu jauh-jauh lagi ke Afrika Utara untuk mengunjungi Gurun Sahara. Cukup dengan mengeskplorasi beberapa area wisata di Yogyakarta, kamu akan menemukan Gumur Pasir Parangkusumo. Pesonanya tak kalah jauh dengan Gurun Sahara. Hanya saja, di padang pasir milik Indonesia ini memiliki karakteristik yang sama dengan gurun pasir di Meksiko.

tempat wisata di pulau jawa gumuk pasir parangkusumo - 2

Gumuk Pasir Parangkusumo ini terletak di dekat muara Sungai Opak hingga menuju ke area Pantai Parangtritis. Padang pasir ini cukup populer. Banyak sekali pengunjung yang sering bermain sandboarding di tempat ini dan meluncur sepanjang 200 meter. Wah, luar biasa! Namun, jika kamu ingin berkunjung ke tempat ini, kamu perlu melakukan persiapan esktra. Cuaca di tempat ini cukup ekstrim karena pada siang hari udara di tempat ini sangat panas dan terik. Sedangkan, pada malam hari udaranya terasa sangat dingin.

tempat wisata di pulau jawa gumuk pasir parangkusumo

Jangan lupa untuk selalu sediakan topi, sunblock, dan kacamata pelindung. Tempat ini sangat instagenic dan sangat cocok bagi kamu penggemar fotografi. Hasil foto yang ditawarkan pun sangat mengagumkan.

tempat wisata di pulau jawa gumuk pasir parangkusumo - 1

Dataran Tinggi Dieng

Dikenal sebagai tempat bersemayamnya para dewa dewi, Dieng pun kian populer sebagai tempat wisata di Pulau Jawa. Keindahan dan keunikan arsitekturnya terlihat melalui candi-candi bercorak Hindu yang tersebar di area Dieng. Tempat ini juga memiliki karakteristik spiritual yang sangat kental.

tempat wisata di pulau jawa dieng

tempat wisata di pulau jawa dieng - 1

Dieng terletak sejauh 30 KM dari pusat kota Wonosobo. Tepatnya, di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Sejuknya udara di dataran tinggi Dieng ini menusuk kulit. Ditambah lagi kabut tebal yang menyelimuti Dieng layaknya payung di cakrawala. Ada banyak landmark yang memikat mulai dari Telaga Warna Dieng, Bukit Sikunir Dieng, candi-candi Hindu, dan Sumur Jalatunda. Di beberapa landmark itulah kamu bisa mendapatkan spot terbaik untuk mengabadikan moment dari balik lensa kamera.

Bukit Kapur Arosbaya

Siapa sangka hasil karya dari para penambang kapur menjadi populer layaknya sang maestro yang menciptakan sebuah masterpiece? Bukit Kapur Arosbaya terbentuk akibat ketidaksengajaan para penambang yang membuat pahatan di area bekerja. Sisa dari pahatan ini menciptakan guratan cantik di setiap sudutnya. Pemkamungannya terasa begitu istimewa dan menciptakan kesan bukit kapur ini terbelah.

tempat wisata di pulau jawa bukit kapur

Sebelumnya, tidak banyak yang tahu tentang keberadaan tempat ini. Berkat social media, secara perlahan tempat ini mulai terekspos sebagai salah satu tempat wisata di Pulau Jawa. Terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura, tempat ini mulai banyak didatangi oleh pelancong dari berbagai daerah. Bekas pahatannya yang unik menjadi spot menarik oleh mereka yang datang untuk mengabadikan moment terbaik.

Ranu Kumbolo

Siapa yang tak kenal Ranu Kumbolo? Jika kamu sering berbaur dengan alam pasti sudah tidak asing dengan tempat ini. Keindahan dan pesona yang ditawarkan begitu memikat. Danau yang terletak di sebelah timur pulau Jawa ini adalah area transit bagi mereka yang menuju Mahameru, puncak tertinggi di pulau Jawa.

tempat wisata di pulau jawa ranu kumbolo

Dua bukit hijau menjulang indah di antara Ranu Kumbolo. Keindahannya akan terpancar saat matahari mulai menampakkan dirinya ke permukaan. Decak kagum sudah pasti tidak dapat terhindari dan tidak akan ada yang bisa menolak keindahannya. Suasana pun akan berubah ketika sore tiba. Kabut mulai turun di tengah peraduan antara kemilau cahaya yang menerpa air danau. Sungguh tiada duanya! Saat malam tiba, kamu akan disuguhi indahnya gugusan bintang layaknya lampu kota yang berkelap-kelip.

tempat wisata di pulau jawa ranu kumbolo - 1

Siapkan jaket, baju tebal, kaos tangan, kaos kaki, syal, penutup kepala dan telinga jika berkunjung ke Ranu Kumbolo. Jangan lupa untuk selalu membawa sleeping bag dan tenda berbahan parasit. Pasalnya, udara di tempat ini bisa mencapai minus 5 derajat celcius di malam hari terutama saat cuaca sedang cerah. Tempat ini sangat cocok untuk mengabadikan moment terbaik kamu.

Nah, 5 tempat wisata di Pulau Jawa di atas bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi jadwal liburanmu!

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *