Produk Lulur Tradisional Indonesia

Lulur adalah cara wanita untuk menjaga kesehatan kulitnya. Kini tak hanya wanita saja yang suka luluran, beberapa kaum pria juga suka melakukan luluran. Ada banyak alasan luluran digemari banyak orang. Selain kulit jadi lebih sehat, tubuh juga lebih rileks dan segar.

Di Indonesia, tradisi ini sudah ada sejak zaman dulu. Ada banyak bahan lulur alami yang diturunkan oleh nenek moyang yang sangat khas Indonesia. Luluran ini tidak hanya disukai oleh wanita Indonesia, para wisatawan mancanegara juga suka dengan beberapa produk lulur Indonesia berikut. Apa saja?

Lulur Kuning Jawa

Lulur kuning jawa terbuat dari campuran bahan-bahan alami dari Jawa. Bahan-bahan tersebut adalah tepung beras, kunyit, temu giring, dan daun pandan. Lulur ini dapat menghilangkan sel kulit mati, mendinginkan, melembabkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit.

Kadar PABA (para amino benzoic acid) pada tepung beras dapat meningkatkan kadar vitamin C ketika dikonsumsi. Selain itu, kunyit dalam lulur kuning jawa bermanfaat sebagai agen antibakteri dan antipenuaan. Kunyit juga membantu merangsang pertumbuhan sel baru dan menjaga elastisitas kulit.

Lulur Bengkuang

produk lulur indonesia

Bengkuang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Inilah yang menyebabkan bengkuang tidak hanya disukai sebagai masker, namun juga sebagai lulur.

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat. Selain itu, vitamin C juga dikenal dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan, memperbaiki serta mencegah kulit kering, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Lulur Susu

Susu memiliki kandungan yang mampu menghilangkan kotoran dengan enzim-enzimnya. Contohnya saja enzim lipase yang dapat menghilangkan kotoran mengandung lemak, protease yang menghilangkan kotoran mengandung protein, dan asam laktat yang bisa menghilangkan sel kulit mati.

Selain itu, susu membantu mencerahkan kulit dengan pengelupasan sel-sel kulit mati. Sebagai agen anti penuaan, susu bisa mengurangi keriput pada kulit.

Lulur Kopi

Lulur kopi dapat meningkatkan tekstur kulit supaya lebih halus dan lembut. Selain itu, lulur kopi baik untuk pengelupasan sel-sel kulit mati dan mendorong terbentuknya sel-sel kulit baru. Pengelupasan ini dilakukan oleh enzim-enzim dan sifat asam yang terkandung pada kopi.

Untuk membuatnya sendiri juga mudah. Giling kopi hingga halus. Buat adonan kopi hingga menyerupai pasta, lalu campurkan sedikit gula pasir untuk dijadikan lulur badan. Lakukan rutin seminggu sekali agar tubuh terlihat lebih putih dan cerah.

Lulur Coklat

Selain nikmat dimakan, coklat ternyata berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit. Coklat dapat melembabkan serta mencerahkan kulit, dan melindungi kulit dar sinar matahari. Coklat memiliki kandungan dari vitamin A dan E yang dapat memperbaiki serta meremajakan sel kulit. Kandungan antioksidannya juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Flavonoid yang terdapat pada dark chocolate dapat meningkatkan elastisitas serta menghambat proses penuaan pada kulit.

Rempah Mangir

Mangir adalah bubuk yang terbuat dari bahan-bahan alami dari rempah-rempah. Mangir biasa dipakai sebagai perawatan kecantikan para putri keraton zaman dulu. Butiran mangir yang kasar terbukti efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Ada beberapa bahan rempah alami yang sering digunakan sebagai mangir, yaitu kunyit, rimpang temu giring, cendana, dan akar wangi.

Putih Telur

Siapa sangka, ternyata putih telur bermanfaat sebagai lulur, Ladies. Ya, putih telur memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit sekaligus mencerahkan. Untuk memutihkan kulit, bisa langsung aplikasikan putih telur ke bagian kulit yang dikehendaki, misal tangan, kaki, dan punggung. Diamkan 15 menit sebelum membersihkan diri dengan handuk yang sudah dicelup air hangat sebelumnya.

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *