Ini 8 Tahap Skin Care yang Harus Dicermati dengan Benar Oleh Wanita

Perawatan wajah sudah menjadi hal wajib yang dilakukan semua wanita. Menjelajah sekian brand yang menawarkan perawatan wajah atau skin care bisa jadi semacam petualangan tersendiri. Ya, kan, Ladies? Nah, tapi bukan sekedar kandungan skin care saja yang harus diperhatikan. Urutan penggunaan skin care yang benar berpengaruh lho, sama kulit wajah. Langsung aja yuk, praktekin tipsnya!

Cleanser

Cleanser atau pembersih wajah berfungsi untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel di wajah ketika kamu beraktivitas atau tidur semalaman. Jangan salah, cuci muka itu sebaiknya dua kali sehari! Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Untuk membersihkan make up, sebaiknya gunakan cleansing oil atau make up remover sebelum memakai cleanser. Hal ini untuk membantu pori-pori kamu tidak tersumbat oleh bahan foundation dan BB cream.

urutan skin care yg benar

Toner

Toner merupakan produk penyegar yang harus dipakai oleh semua jenis kulit. Selain itu, toner membantu melembabkan serta menyeimbangkan pH pada kulit wajah. Kalau kulitmu termasuk jenis yang sensitif, pilih toner yang sesuai dengan kebutuhan. Toner juga bisa mengurangi kulit kemerahan dan kulit kering bersisik. Gunakan toner teratur setiap pagi dan malam setelah menggunakan cleanser atau setelah melakukan exfoliation.

urutan skin care yg benar

Exfoliant

Exfoliant atau exfoliator adalah produk yang membantu pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub. Tujuannya adalah untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran yang menyumbat kulit, dan memperlancar aliran darah di wajah. Exfoliant bisa membantu kulit wajahmu yang kusam berseri lagi, lho. Sebaiknya lakukan exfoliation seminggu sekali, karena kalau terlalu sering bisa menyebabkan iritasi pada wajah. Bagi pemula, bisa melakukan dua kali pada minggu pertama untuk mendapat hasil optimal.

Masker

Menurut Live Strong, masker memiliki fungsi untuk melembabkan wajah, menghilangkan sebum atau minyak berlebih, dan mengatasi jerawat. Kamu bisa menciptakan masker alami sendiri di rumah atau melakukan perawatan di salon. Sebaiknya pilih masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit agar menyesuaikan dengan kondisi wajah. Pakai masker seminggu sekali setelah melakukan exfoliation. Jika kamu malas, kamu bisa pakai sheet mask sekali pakai. Sheet mask bisa kamu pakai dua hingga tiga kali dalam seminggu. Setelah ditunggu selama 15-20 menit, lepaskan sheet mask dan ratakan seluruh serum pada wajah hingga mengering.

Serum

Serum biasanya berbentuk lebih cair daripada toner. Serum memiliki beberapa jenis yang biasa beredar di pasaran, antara lain untuk mengurangi kerutan, menghilangkan kulit kemerahan bekas jerawat, hingga pencerahan kulit. Aplikasikan setiap pagi dan malam setelah menggunakan toner.

urutan skin care yg benar

Eye Cream

Kulit di sekeliling matamu juga butuh perhatian, lho! Kantong mata cenderung tidak begitu diperhatikan, padahal kulit pada kantong mata merupakan lapisan kulit tertipis pada tubuh. Oleh karena itu butuh perawatan ekstra untuk mencegah mata panda dan kerutan. Gunakan eye cream yang berfungsi untuk memberikan proteksi dan hidrasi. Gunakan jari manis untuk memijat krim di sekitar mata. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Moisturizer

Moisturizer biasanya berbentuk lebih padat seperti krim. Moisturizer digunakan setelah pemakaian toner dan serum. Ada dua jenis krim, yaitu krim pagi dan krim malam.

urutan skin care yg benar

Sunscreen

Jika kamu termasuk yang aktif beraktivitas di luar, nggak ada salahnya lho, pakai sunscreen. Selain membantu kulit kamu terhindari dari sinar UV secara berlebih, sunscreen juga bisa membantu kulitmu terhindar dari penuaan dini. Aplikasikan setiap pagi setelah memakai moisturizer. Setelah didiamkan selama 15-20 menit, barulah setelah itu kamu bisa memakai make up.

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *