Lakukan 5 Langkah Ini Agar Sepatu Kamu Selalu Dalam Keadaan Baru dan Mengkilap

Ladies, perawatan sepatu merupakan salah satu kewajiban kita sebagai wanita. Penampilan menarik ditunjang oleh kebersihan dan keindahan barang yang dimiliki, termasuk sepatu. Kita berpergian menggunakan sepatu. Fungsi sepatu tidak hanya menjaga kaki kita, tetapi juga memperindah diri. Namun  banyak yang menilai merawat sepatu susah susah gampang. Nyatanya mudah, kok. Selama kamu tahu perawatan yang tepat, penampilan sepatumu akan tetap mengkilap sepanjang hari.

Kenali Jenis Bahan Sepatu

Jenis sepatu ada beragam, begitu juga jenis bahan yang dipakai. Sepatu wanita biasanya terbuat dari kulit, kanvas, jeans, suede, dan lain-lain. Dengan memahami jenis bahan, kamu tahu bagaimana cara merawatnya.

Untuk sepatu suede, perlakukan dengan hati-hati. Gunakan sikat atau handuk khusus untuk membersihkan sepatu suede. Usahakan untuk membersihkan dengan satu arah gerakan supaya sepatu tidak cepat rusak. Semprotkan pelindung bahan suede supaya sepatu tetap awet.

Jika kamu punya sepatu kulit, bersihkan dengan handuk atau sponge halus. Jika tidak dibersihkan, debu sepatu akan semakin menempel dan sulit dibersihkan. Agar selalu terlihat baru, semir sepatu ketika akan digunakan. Pilih semir berkualitas dan sesuaikan dengan warna sepatu.

Untuk sepatu kanvas dan jeans, perawatannya serupa. Kamu hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Jika bagian dalam sepatu berbau tidak sedap, tambahkan sedikit baking soda ke dalam larutan deterjen untuk menghilangkan aroma tersebut. Ternyata mudah saja, bukan?

mengkilapkan sepatu kulit

Tempatkan Sepatu di Rak Khusus

Jangan menaruh sepatu sembarangan, ladies! Saat kita capek atau malas, biasanya kita menaruh sepatu asal-asalan. Tidak jarang juga kita menumpuk sepatu karena bisa langsung dipakai. Sebaiknya sediakan rak sepatu khusus yang diletakkan dekat pintu keluar rumah jika kamu sering berpergian keluar. Untuk beberapa sepatu seperti boots dan kulit asli, ada baiknya dibuatkan mini walk in closet untuk menjaga agar sepatu tetap kering. Jika ingin terbebas dari debu, simpan koleksi sepatu kamu di kotaknya masing-masing.

mengkilapkan sepatu kulit 1

Gunakan Alternatif Bahan Pengkilap Sepatu

Lazimnya jika punya sepatu kulit, kamu pasti akan menyemirnya. Tapi bagaimana jika semirnya habis? Ada banyak metode yang bisa dilakukan saat menyemir. Merawat sepatu tetap bisa dilakukan dengan mengoleskan bahan alami, yaitu minyak zaitun dan minyak kelapa.

Bagaimana cara mengkilapkan sepatu kulit? Langkahnya sangat mudah. Proses untuk mengkilapkan sepatu kulit dengan minyak kelapa dan minyak zaitun serupa, yaitu membersihkan sepatu terlebih dulu dari kotoran yang menempel. Setelah itu bubuhi lap dengan minyak. Poles bagian sepatu dengan lap tersebut sedikit demi sedikit. Lalu keringkan dengan lap bersih.

mengkilapkan sepatu kulit 2

Lindungi Sepatu Saat Musim Hujan

Ladies, kerusakan pada sepatu tidak hanya disebabkan oleh cara merawat yang tidak benar. Cuaca juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Pada saat musim hujan, sepatu yang kita kenakan akan terkena cipratan air yang bisa menimbulkan garis-garis. Apalagi jika sepatu yang dikenakan adalah sepatu kulit. Air bisa melengkungkan bentuk sepatu dan menyebabkan retak di mana-mana.

Jika sepatu kamu terkena air hujan, segera keringkan dengan suhu ruangan selama 48 jam. Jangan lupa letakkan koran di bawahnya supaya lantai rumah tidak kotor. Kelembaban dari dalam sepatu harus dihilangkan dengan cara mengeringkan menggunakan koran atau handuk kering. Mengeringkan dengan mendekatkan ke sumber bersuhu panas hanya akan membuat retakan sepatu semakin banyak.

mengkilapkan sepatu kulit 3

Ganti Sepatu Setiap Hari

Mengganti sepatu setiap hari penting banget. Meskipun kamu suka mengenakan Jimmy Choo favorit setiap hari, jangan pakai sepatu yang sama selama seminggu. Bahkan jika kamu punya banyak koleksi sepatu, jangan pakai sepatu yang sama dua kali berturut-turut. Sepatu juga butuh “istirahat” selama 24 jam. Hal ini agar sepatu kamu bisa dianginkan sehingga tidak mudah bau.

mengkilapkan sepatu kulit 4

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *