8 Cara Untuk Memilih Bedak yang Sesuai Bagi Si Kulit Berminyak

Kondisi kulit berminyak memang seringkali menyusahkan. Kamu mungkin salah satu pemiliknya. Tidak hanya harus hati-hati dalam memilih perawatan kulit, tapi juga termasuk alat makeup, salah satunya adalah bedak.

Jenis apapun kulitmu, kamu pasti pernah mengalami dilema dalam memilih bedak. Ada berapa jenis yang ditawarkan, mulai dari merek murah hingga termahal. Mulai dari loose powder hingga compact powder. Nah, supaya nggak salah pilih, sebaiknya kamu kenali dulu tipe jenis kulitmu. Kulit kombinasi seringkali disamakan dengan kulit berminyak, padahal kebutuhan masing-masing kulit  berbeda. Mau tahu jenis bedak untuk kulit berminyak?  Simak tips berikut ini!

Pakai Skin Care Seperlunya

Jika kamu suka memakai perawatan wajah sebelum makeup, sebaiknya tidak menggunakan semua produk ke wajahmu. Beberapa jenis skin care lebih baik dipakai di malam hari, karena bisa menciptakan kesan wajah berminyak saat kamu mengaplikasikan makeup. Kamu bisa menggunakan toner, serum, dan sun screen. Pilih skin care yang bersifat ringan agar wajahmu tidak terasa berat saat memakai makeup. Untuk moisturizer sebaiknya dipakai di malam hari.

Pilih Water Based Foundation

Foundation untuk kulit berminyak sebaiknya water based. Namun jika kamu tidak nyaman menggunakan foundation sehari-hari, kamu bisa menggantinya dengan concealer dan powder. 

Pilih Loose Powder

Loose powder memiliki tekstur yang lembut. Hasil akhir setelah memakainya biasanya terlihat lebih alami. Ternyata, loose powder sangat berguna untuk jenis kulit berminyak. Karena berbentuk bubuk, maka ini akan membantu kulitmu untuk bisa menyerap minyak berlebih pada wajah. Sebaiknya pilih loose powder tipe matte supaya wajahmu tidak terlihat glowy. 

bedak untuk kulit berminyak

Perhatikan Cara Aplikasi

Untuk kulit berminyak, sebaiknya kamu perlu membersihkan wajah terlebih dulu. Atau minimal menggunakan kertas serap minyak agar bedakmu lebih kuat menempel. Setelah itu baru kamu bisa pakai bedak di area wajah yang berminyak.

Puff atau Kuas Make Up?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Puff cocok untuk dipakai di area T-zone karena memiliki permukaan lebar. Namun akan sulit dipakai jika ingin mengaplikasikan di area hidung. Kamu bisa memakai keduanya atau salah satu. Jika lebih suka pakai puff, lipat puff tersebut hingga bedak bisa diaplikasikan ke area kecil. Jika lebih suka pakai kuas, kamu bisa membubuhkannya mulai dari bagian hidung hingga ke area wajah luar untuk hasil yang optimal.

Sedia Kertas Minyak Selalu

Tidak ada bedak yang 100% bisa membantu kamu mengatasi kulit berminyak. Di saat inilah kamu harus selalu menyediakan kertas minyak. Kertas ini mempermudah kamu saat ingin melakukan touch up lagi.

bedak untuk kulit berminyak

Tambahkan dengan Compact Powder

Jika kulitmu benar-benar sangat berminyak, sebaiknya kamu memakai bedak dalam dua tahap. Setelah foundation, bubuhkan loose powder ke wajah. Setelah itu kamu bisa menambahkan dengan compact powder. Dengan ini, minyak berlebih di wajahmu akan bisa terserap lebih banyak dan membantu wajahmu untuk tetap terlihat segar selama beberapa jam. Selain itu, compact powder praktis dibawa ke mana saja. Jika perlu touch up, kamu tinggal bawa ini, deh!

Hindari Menggunakan Highlighter

Untuk kulit berminyak, sebaiknya jangan tambahkan highlighter untuk make up lengkap. Justru ini akan merusak penampilanmu beberapa jam setelah aplikasi make up. Sebaiknya kamu memakai contour jenis matte yang lebih muda dari bedak untuk menciptakan efek tersendiri di area dahi, pipi, dan dagu.

bedak untuk si kulit berminyak

Sumber Gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *