7 Kesalahan Fashion yang Wajib Kamu Hindari untuk Tampil Stylish Maksimal

Bagi banyak orang, tampil modis terkadang menjadi hal yang menantang. Fashion bukan hanya soal memadupadankan motif atau warna. Terdapat banyak kesalahan-kesalahan fashion yang tanpa kamu sadari justru membuat penampilanmu terlihat aneh dan bahkan membuat dirimu tidak nyaman. Nah, berikut ini beberapa kesalahan fashion menurut para ahli fashion dunia, yang belum kamu tahu dan bisa dihindari, untuk menciptakan gaya stylish yang maksimal.

1. Tidak memasukkan ujung kemeja ke dalam celana atau rok

Saat berpakaian formal, membiarkan ujung kemeja, terutama kemeja yang lebih panjang atau longgar akan membuatmu terlihat tidak profesional. Seorang stylist top Los Angeles, Laurie Brucker mengatakan bahwa dengan memasukkan kemeja ke dalam celana atau rok, akan membuat tampilanmu tampak sempurna. Teknik ini tak hanya bisa membuat kakimu terlihat lebih jenjang sehingga tubuh terlihat lebih langsing, namun juga membuat penampilan tampak lebih stylish tanpa kamu perlu repot-repot mengusahakannya.

2. Lengan baju yang kepanjangan

Lengan baju yang kepanjangan tidak selamanya menciptakan kesan “cute”. Beberapa orang menganggapnya terkesan berantakan bahkan membuat pemakainya terlihat sedang dalam masalah atau frustasi. Menurut wardrobe stylist, Katie Quinn, hal ini justru bisa mempengaruhi penampilanmu secara keseluruhan. Dirinya menambahkan bahwa panjang lengan baju normalnya tidak melebihi tulang pergelangan tangan. Jadi, jika melebihi batas tersebut, sebaiknya dipotong saja ya, Ladies!

3. Menyepelekan kenyamanan

Mengenakan sesuatu yang tidak benar-benar sesuai dengan gayamu hanya akan membuatmu tampak canggung atau aneh. Molly Dickson, seorang style ambassador dan celebrity stylist Botkier mengatakan bahwa tujuan terpenting dalam berpakaian adalah untuk kenyamanan. Sebagai contoh, Molly menambahkan, jika kamu mengenakan sepatu hak tinggi super seksi dengan cocktail dress, namun kamu kesulitan berjalan, maka usahamu untuk bisa tampil stylish telah gagal. Perlu kamu perhatikan juga bahwa nyaman bukan selalu berarti “bermain aman” dalam berpakaian. Pasalnya gaya yang aman dan cenderung itu-itu saja, justru akan membuatmu terlihat membosankan.

4. Lupa memakai aksesoris

Aksesoris merupakan salah satu kunci terbesar agar penampilanmu terlihat lebih bergaya. Laurie Brucker mengatakan bahwa menambahkan aksesoris sebagai sentuhan akhir pada tampilan dapat secara instan memperbarui, menghidupkan kembali, dan membangkitkan personality kamu. Hanya saja,  dalam memakai aksesoris, pastikan kamu tidak memakainya secara berlebihan. Pikirkan tentang keseimbangan dan proporsi, kamu tidak perlu memakai kalung, gelang, cincin, anting, kacamata atau topi secara sekaligus dalam satu outfit. Sebaliknya pakailah aksesoris sesuai kebutuhan agar kesan anggun dan sederhana terpancar.

5. Mengenakan oversized outer

Meski tengah menjadi tren, mengenakan outer seperti coat yang kebesaran tidak serta merta membuat tampilan kamu terlihat lebih modis. Terlebih jika kamu memiliki ukuran tubuh yang mungil, item ini tentunya hanya akan membuat kamu tampak tenggelam oleh pakaianmu sendiri. Menurut Katie Quinn, coat yang pas itu seharusnya berukuran pas di bahu kamu ketika dikenakan, dan masih terasa nyaman ketika kamu pakai dengan fashion item lainnya.

6. Memakai baju yang kekecilan atau kebesaran

Memilih atasan dan bawahan yang terlalu ketat sebenarnya hanya akan membuat penampilanmu terlihat lebih berat dan penuh. Selain itu, pakaian yang terlalu kecil hanya akan menciptakan garis dan kerutan sehingga siluet tubuh kamu menjadi mudah terekspos dan membuatmu tidak nyaman. Sebaliknya, mengenakan baju yang kebesaran juga sama salahnya karena hanya akan menyembunyikan postur tubuh kamu seutuhnya. Untuk itu, pastikan untuk selalu memilih ukuran baju yang pas dan sesuai dengan tubuhmu ya, Ladies!

7. Membeli pakaian yang tidak sesuai bentuk tubuh

Tren fastfashion tak sedikit membuat kebanyakan dari kita menjadi lebih konsumtif dalam berbelanja pakaian. Tak jarang, sebagian dari kita mulai mengabaikan bentuk tubuh sendiri ketika berbelanja. Alhasil, baju yang dibeli terkadang sangat aneh begitu dipakai. Sebagai contoh, jika kamu kurang pede dengan lemak di perut, namun kamu memiliki bentuk kaki yang bagus, maka cobalah memilih dress A-line dengan panjang sedikit di atas lutut. Jadi, pastikan kamu mengenali terlebih dahulu tipe dan bentuk tubuh kamu sendiri, agar tidak salah memilih baju. Memakai outfit  yang tepat sesuai bentuk tubuh, akan menonjolkan fitur terbaik kamu, sehingga kamu bisa lebih percaya diri ketika mengenakannya.

Itulah beberapa kesalahan fashion yang diutarakan oleh para fashion expert, yang tentunya bisa menambah wawasan kamu dalam berpenampilan agar semakin modis. Jadi, outfit apa yang akan kamu kenakan minggu ini untuk terlihat lebih stylish? Bagi kamu yang butuh sepatu, tas atau aksesoris untuk melengkapi penampilanmu, kamu bisa mencarinya di Banananina secara praktis dan mudah! Selain menawarkan banyak pilihan, koleksi tas dan fashion accessories di Banananina pastinya selalu up to date sehingga gayamu tidak akan ketinggalan zaman.

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *