3 Destinasi Wisata Aceh yang Menarik untuk Dikunjungi

Indonesia adalah surga wisata bagi para traveler. Dari Sabang hingga Merauke terbentang berbagai wisata alam eksotis yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Nah kali ini, redaksi Banananina akan membagikan beberapa tempat wisata yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke Aceh.

Wisata ke aceh

Provinsi Nagroe Aceh Darusalam yang berada di ujung pulau Sumatera ini memang pernah luluh lantak setelah diterjang bencana tsunami pada bulan Desember tahun 2004 lalu. Namun kini, Aceh sudah berbenah kembali lho, Ladies. Kawasan yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekkah ini memiliki berbagai destinasi pilihan yang harus kamu sambangi. Selain Masjid Raya Baiturrahman, berikut ini adalah 3 destinasi wisata di sekitar kota Aceh yang bisa kamu kunjungi.

Museum Tsunami Aceh

Wisata ke aceh

Museum yang dirancang oleh Gubernur Bandung saat ini, Ridwan Kamil, adalah destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi. Dibangun pada tahun 2009, bentuk fisik dari museum ini sangatlah unik. Jika dilihat dari atas, maka bangunannya menggambarkan gelombang tsunami, namun jika dilihat dari bawah makan nampak seperti kapal penyelamat dengan geladak yang sangat luas.

Museum Tsunami Aceh dibangun bukan hanya sebagai monumen, tetapi juga jadi salah satu objek bersejarah sekaligus simbol kekuatan masyarakan Aceh dalam menghadapi musibah terbesarnya. Diharapkan museum ini akan menjadi warisan sejarah untuk generasi yang akan datang.

Kalau kamu masuk ke dalam, bangunan museum ini terdiri dari 4 tingkat. Setelah melewati ruang terbuka di lantai dasarnya, kamu bisa memasuki ruangan-ruangan yang monumental seperti ruang renungan, Memorial Hill yang dilengkapi dengan monitor untuk mengakses informasi mengenai bencana tsunami pada masa silam, ruang The Light of God dan ruang-ruang multimedia. Nah di lantai 3 terdapat ruang geologi, perpustakaan dan mushala. Ladies, this museum is worth to visit!

Alamat:
Jl. Sultan Iskandar Muda No.3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Pantai Lange

Wisata ke aceh

Kalau kamu adalah pencinta pantai yang masih perawan dan natural, pantai Lange yang berada di Lhok Nga adalah jawabannya. Tempatnya yang masih tersembunyi membuat keindahan pantai ini masih terjaga dari tangan-tangan jahil.

Wisata ke aceh

Untuk mencapai pantai Lange, kamu harus masuk ke desa Lamlhom kemudian melewati sebuah hutan dengan jalanan menurun dan mendaki, yang hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua. Namun meski perjalanan yang harus kamu lalui cukup sulit, pemandangan yang didapatkan sangatlah memukai Ladies. Keindahan pasir putih dan hamparan laut birunya mampu membuat siapa saja jatuh hati.

Alamat:
Desa Lamlhom, Aceh Besar

Pulau Tuan

Wisata ke aceh

Destinasi wisata ke Aceh selanjutnya adalah Pulau Tuan. Bagi kamu yang menyuka snorkeling, sepertinya kamu harus mengunjungi Pulau Tuan. Lokasi pulau yang tidak bertuan ini tak jauh dari kota Banda Aceh. Pulau ini yang berupa bukit kecil yang ditumbuhi oleh pepohonan ini memang sekilas nampak biasa saja, tapi saat kamu menyelami perairan di sekitarnya maka kamu akan terkesima.

Wisata ke aceh

Terumbu karang yang masih natural, biota laut yang beraneka ragam seperti tripang, ikan-ikan karang dan ikan-ikan kecil dengan perpaduan warna kuning dan biru akan memanjakan mata kamu. Apalagi bagi Ladies yang hobi snorkeling, di sini kamu akan mendapatkan tantangan tersendiri karena harus berenang dengan posisi karang mencapai 5 meter dengan arus yang cukup deras. You’ll be amaze with the beauty of it!

Alamat: 
Ujong Pancu, Aceh Besar

Berwisata ke Aceh merupakan salah satu pengalaman liburan yang menyenangkan. Alamnya yang indah, makanannya yang enak dan tradisi minum kopi yang hangat bisa kamu rasakan ketika berkunjung kesini. Selain 3 tempat tadi, mungkin kamu punya ide destinasi lain yang bisa kami kunjungi, Ladies? Feel free to drop any comment below.

Sumber gambar

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *